Mesin CNC Karya SMKN 2 Medan Dipakai 25 SMK Se-Sumatera

Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Medan ternyata tak kalah kreatif dari rekan-rekannya di Kota Solo. Buktinya, sejumlah siswa SMK Negeri 2 Medan berhasil merakit mesin Computer Numenerial Control (CNC). Dan yang lebih membanggakan, mesin pembuat komponen ini ternyata telah dikirim dan digunakan 25 SMK se-Sumatera.

Untuk membuktikan kreativitas ini, pada Rabu (07/03/2012) Wali Kota Medan Rahudman Harahap meninjau proses perakitan mesin ini. Rahudman bersama wakilnya Dzulmi Eldin melakukan peninjauan di Workshop SMK N 2 di Jl STM, Medan.

Mesin CNC yang mereka rakit adalah jenis CNC Lathe dan CNC Miling. Keduanya berguna untuk menghasilkan komponen apa saja dengan sekali sentuh.

Saat ini siswa SMK Negeri 2 telah menyelesaikan 30 unit mesin CNC. Dimana mesin yang dilengkapi komputer ini bisa membuat komponen hanya dengan menginput gambar yang diinginkan.

Wakil Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Medan, Patrionis Ilyas menjelaskan, mesin-mesin ini dibiayai Direktorat Pendidikan Indonesia. Tak kurang dari Rp 200 juta dihabiskan untuk proyek satu mesin CNC.

“Ini merupakan prestasi dan dapat mengharumkan nama kota Medan menyaingi siswa SMK di provinsi lainnya,” ujar Patrionis.

Dalam peninjauan itu, para siswa SMKN 2 mempraktikkan pembuatan bidak catur. Dengan sekali pencet tombol, dalam hitungan detik mesin bekerja dan memotong aluminium sesuai bentuk anak catur yang dinginkan. Show ini sontak membuat Rahudman tak bisa menutupi kekagumannya.

Karena akurasinya, mesin pembuat komponen CNC ini telah digunakan untuk bahan praktik 25 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)  se Sumatra, yaitu di Aceh, Riau dan Sumatera Utara.

Sumber: medanmagazine.com (Laporan: Nirwansyah Sukartara/nirwan@medanmagazine.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s